Bagaimana Cara Mengatasi Error 503 Service Unavailable Pada Situs Anda

Cara Mengatasi Error 503 Service

Mungkin Anda pernah melihat dan mengalami Error 503, it happened for a reason atau 503 Service Unavailable mengindikasikan adanya masalah yang mencegah akses pada halaman website sedangkan Anda tidah tahu bagaimana cara mengatasi Error 503 Service Unavailable ini.

Iya, pesan error 503 Service Unavailable ini sebetulnya file website dalam keadaan baik dan tidak terjadi down hal ini dapat disesuaikan situs yang bersangkutan atau perangkat lunak server yang memunculkan hal tersebut, sehingga Anda mungkin melihat error tersebut bisa bervariasi.

Contoh tipe Error 503 Service Unavailable yang mungkin dapat Anda lihat :

  • 503 Service Unavailable
  • 503 Service Temporarily Unavailable
  • Http/1.1 Service Unavailable
  • HTTP Server Error 503
  • Service Unavailable – DNS Failure
  • 503 Error
  • HTTP 503
  • HTTP Error 503
  • Error 503 Service Unavailable

Error 503 Service Unavailable dapat muncul di semua browser apapun dalam semua sistem operasi, termasuk Windows 10 dan OS sebelumnya seperti Windows XP, MacOS, Linux, dll …. bahkan smartphone atau komputer non-tradisional lainnya. Jika anda memiliki akses internet, maka anda akan bisa melihat 503 dalam situasi tertentu, dan akan ditampilkan di dalam jendela browser.

Pada umumnya, yang menyebabkan error 503 dikarenakan server terlalu sibuk atau karena ada maintenance yang sedang dilakukan di situs tersebut. Misal saja sebagaimana notifikasi yang biasanya pada situs yang menggunakan Microsoft IIS dapat memberikan informasi yang lebih spesifik tentang penyebab dari error 503 Service Unavailable dengan suffixing nomor setelah 503, seperti dalam HTTP Error 503,2 – Service Unavailable, yang berarti batas permintaan sudah terlampau batas.


Berikut Beberapa Cara untuk Mengatasi Error 503 Service Unavailable pada Website Anda :

  1. Coba lagi akses URL di address bar dengan mengklik ulang / tombol refresh atau menekan F5. Meskipun pada error 503 Service Unavailable yang berarti ada kesalahan pada server, ini mungkin hanya untuk sementara. Kadang – kadang jika kita mengakses ulang lagi maka akan nampak bekerja kembali.
  2. Reboot Server. Kode 503 bisa jadi adalah bentuk kebuntuan pada hosting aplikasi Anda , sehingga reboot sederhana dapatĀ  refresh semuanya, termasuk hardware maupun traffic yang keluar-masuk dan membuat Anda kembali aktif dan berjalan.
  3. Periksa Pemeliharaan. Penting buanget buat Anda untuk tetap menjaga bahwa uploader Anda tetap terjaga kualitasnya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan update saat (misalkan) wordpress Anda mulai angot-angotan.
  4. Masalah Konektivitas Server. Meskipun kedengarannya sederhana, sangat mungkin bahwa 503 muncul karena koneksi antara server yang Anda pergunakan sedang drop dan membuat website keluar tanda error 503.
  5. Konfigurasi Firewall Tidak Tepat. Firewall adalah perangkat keamanan dasar yang memonitor lalu lintas jaringan dan bertindak sebagai penjaga gawang, memutuskan lalu lintas mana yang aman dan mana yang dapat berbahaya. Penting buat Anda untuk menyaring mana akses yang diperbolehkan, dan mana yang tidak. Kalau semua-semua diblok ya berabe dong, makanya 503 muncul.
  6. Restart router dan modem, dan kemudian komputer atau perangkat, terutama jika anda melihat error semacam “Service Unavailable – DNS Failure”. Walaupun kebanyakan error 503 yang kemungkinan terjadi karena kesalahan dari situs yang anda kunjungi, terkadang mungkin bisa juga ada masalah dengan konfigurasi DNS server pada router atau komputer
  7. Periksa Log. Hampir setiap aplikasi web akan menyimpan beberapa bentuk log sisi server. Log aplikasi biasanya adalah riwayat dari apa yang dilakukan aplikasi, seperti halaman mana yang diminta, server mana yang terhubung, basis data mana yang disediakan, dan sebagainya.
  8. Kode Aplikasi atau Bug Skrip. Jika semuanya gagal, mungkin ada masalah pada beberapa kode khusus dalam aplikasi Anda yang menyebabkan masalah. Cobalah untuk mendiagnosis di mana masalah mungkin berasal dari secara manual debugging aplikasi Anda, bersama dengan parsing melalui log aplikasi dan server.
  9. Coba kunjungi kembali lagi nanti. Error 503 Service Unavailable adalah pesan error yang umum pada situs yang sangat populer ketika terjadi pelonjakan trafik kunjungan yang sangat tinggi sedang melanda server tersebut. Setelah semakin banyak pengunjung meninggalkan situs web tersebut, kemungkinan beban server sudah menurun sehingga kesuksesan anda mengakses ulang meningkat.
  10. Pilihan lain adalah menghubungi penyedia jasa atau tempat hosting website tersebut langsung untuk meminta bantuan. Ada kesempatan baik untuk memberitahukan kepada administrator situs tersebut tentang error 503 yang terjadi supaya mereka bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

>> Ingin website Anda aman dari Error 503 ? beli paket domain+hosting terbaik disini (klik) >>


Jadi Cara Mengatasi Error 503 Service Unavailable tak hanya bisa dengan satu solusi saja ya. Memang tidak perlu runtut, tapi akan lebih baik jika semua solusi di atas dicoba satu persatu untuk hasil yang lebih menyeluruh sehingga Anda akan mendapatkan insight baru juga nantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk melihat konten kami, silahkan matikan "adblock" anda
Refresh